6/04/2009

RsDesktop pada Linux

sebelum banyak ngece kita....,,,apa sih rdekstop tuh...,,,
kasarnya aja nih...i lagi makai linux...,,tapi saya mau pakai program adode photosoph cs2 yang di instal di komputer sebelah saya.,,,gimana donk...ya bisa dengan rsdekstop...he.he.he...,,

ini sangat terasa ketika sebuah perusahaan baru migrasi dari windows ke open source..,,,
secara gitu..kita tidak bisa harus full migrasi,,,kadang kala kita masih membutuhkan program yang berjalan diwindows,,,,(kenyataan ketika migrasi)...,,

hal ini lah yang terjadi ketika dulu saya masih kerja di salah satu perusahaan Tbk nasional,,
dimana waktu itu perusahaan baru melakukan migrasi dari windows ke opensource...,,

nah itu salah satu guna RsDesktop...,,,yaitu memakai aplikasi windows dari linux....

catatan ini adalah tutorial yang pernah saya coba dengan bimbingan master linux di perusahaan itu.....(MR.Z,,,,, i miss ....bosss.....).,,,



RsDesktop pada PCLinuxOS (pada apapun sih sama,,,,ubuntu,mandriva,suse,mandrake,fedora,dll)...he..ehe..

PERHATIAN:
Jangan pernah mencoba ini jika anda tidak tau apa yang anda lakukan.
Jangan pula mencoba ini jika anda tidak tau apa itu Linux dan anda tidak tau serta tidak mengerti perintah perintah nix variant.
siapkan rokok + kopi secukup nya jika anda perokok berat , karena proses ini akan memakan waktu.
Tulisan ini di dedikasikan untuk kemajuan Linux di indonesia.
Dipersilahkan mengcopy atau memeperbanyak tulisan ini tanpa seijin saya demi kemajuan Linux di Indonesia.Jika anda mempunyai satu komputer windows XP Profesional (SP2) dalam satu jaringan bersama dengan komputer PCLinuxOS, maka tiap komputer PCLinuxOS dalam jaringan tersebut akan dapat menggunakan windows XP beserta semua aplikasi di dalamnya (misalkan: Ms Office, Internet Explorer, Game Online dan lain-lain) tanpa menginstal apapun pada komputer PCLinuxOS. Menarik bukan?Contoh:Dalam satu internet café, terdapat 10 komputer PCLinuxOS dan 1 Komputer XP Pro (SP2), maka semua komputer PCLinuxOS akan dapat menggunakan Windows XP Pro tersebut pada waktu bersamaan dan dapat menggunakan semua aplikasi-aplikasi yang terinstall dalam Windows XP tersebut.
Pada mode full screen, desktop pada layar PCLinuxOS akan berganti menjadi desktop windows XP, sehingga pemakainya akan serasa menggunakan windows XP.Proses komputasi tetap dilakukan pada komputer windows XP, sedangkan komputer PCLinuxOS hanya akan berfungsi sebagai desktop interface (tampilan), oleh karena itu banyaknya user yang sanggup dilayani oleh komputer windows XP tentunya akan sangat tergantung pada kapasitas memory dan kekuatan processor pada komputer windows XP.

Untuk melakukan ini, ada 2 tahap yang harus dilakukan, (1) yaitu persiapan seting pada sisi komputer windows XP dan (2) Perintah pada komputer PCLinuxOS.Misal, untuk jaringan yang terdapat 1 unit komputer XP dan 2 unit Komputer PCLinuxOS, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah sbb:
Set IP komputer windows XP menjadi 192.168.0.3 / subnet 255.255.255.0
Set IP pada komputer PCLinuxOS:PCLinuxOS1 IP 192.168.0.1 /
subnet 255.255.255.0PCLinuxOS2 IP 192.168.0.2 / subnet 255.255.255.0

Catatan: Penomeran IP ini bebas terserah anda.
Cek apakah kedua komputer PCLinuxOS telah dapat berkomunikasi dengan komputer XP dengan caraPada komputer PCLinuxOS
1 klik Menu – System Tools – Terminal kemudian ketik:ping 192.168.0.3 (enter)
Jika ada replay berarti komputer PCLinuxOS tersebut sudah mampu berkomunikasi dengan komputer windows XP.

Pada komputer PCLinuxOS2 lakukan hal yang sama.
1. Persiapan Pada Komputer Windows XP Pro (SP2)- Download patch di:http://blogpmenier.dynalias.net/docext/xp/Termiserv_XPSP2_i386_1.0.exeatauhttp://sala.pri.ee/terminal-server-patch/atauTermiserv_XPSP2_i386_1.0.zip-
Install patch tersebut dalam safe mode, caranya adalah sbb:
Nyalakan komputer windows XP, sewaktu akan booting tekan tombol F8 secara terus menerus, kemudian pilihlah Safe Mode. lalu install patch tersebut.
Patch ini berguna untuk membolehkan beberapa user login dalam satu komputer XP secara bersamaan.
- Buatlah beberapa user sebanyak komputer Pinux yang ada dalam jaringan dengan type limited user. Maksud dari limited user ini adalah masing-masing user mempunyai setting/profil dan folder document sendiri-sendiri tidak bercampur sehingga tidak akan saling mengganggu.Start – Control Panel
– User AccountLalu buatlah 2 user sbb:login: user01Password: pass01danlogin: user02Password: pass02Catatan: Nama login ini bebas terserah anda.
- Jalankan Fast User Switching: Control Panel – User Account – Change the way users log on or off pilih: Fast User Switching.- Klik kanan pada icon My Computer di desktop pilih Properties kemudian pilih tab RemoteCentanglah ‘Allow users to connect remotely to this computer’ seperti tampak pada gambar berikut:Kemudian klik ‘Select Remote Users’ dan isikan userid user-user yang telah anda buat sebelumnya:Pada contoh diatas ada 50 user PCLinuxOS pada satu windows xp pro (menggunakan userid xp01 s/d xp50).Sampai dengan di sini komputer XP-pro anda sudah siap digunakan untuk login secara simultan beberapa user sekaligus.2. Perintah Pada Komputer PCLinuxOSJika seting pada komputer windows XP telah siap, maka yang perlu dilakukan pada komputer PCLinuxOS adalah sbb:
- Klik Menu - System Tools - Terminal- Misal jika akan login ke komputer windows XP yang pada contoh ber-IP 192.168.0.3 dengan menggunakan user pada windows XP dengan login ‘user01′ dan password ‘pass01′ maka ketik sbb:
rdesktop -a 16 -u user01 -p pass01 192.168.0.3

&Untuk secara fullscreen:rdesktop -f -a 16 -u user01 -p pass01 192.168.0.3

&Jika anda mengalami kesulitan dalam mengetikan perintah tersedia tools yang relatif lebih mudah untuk digunakan, yaitu klik: Menu - System Tools - Desktop Connection, kemudikan isikan IP komputer windows XP (pada contoh diatas 192.168.0.3) lalu klik tombol Execute.Membuat Shortcut untuk Login ke XPAnda dapat menambahkan suatu shortcut di desktop PCLinuxOS anda sehingga user PCLinuxOS tinggal mengklik shortcut jika akan login ke windows. Caranya adalah sbb:Klik kanan pada desktop PCLinuxOS – pilih New Launcher isikan sbb:Name:

Windows XPGenerik Name: Windows XPComment: Login to windows XPCommand:
rdesktop -f -a 16 -u user01 -p pass01 192.168.0.3
&Type: ApplicationIcon: Pilih icon sesuai selera andaRun in terminal tidak perlu di centangLalu tekan tombol OK
Jika kesulitan anda bisa mendownload shortcut dibawah ini:menuxp.tar.gzKeistimewan shortcut ini adalah: Sound pada XP bisa terdengar di PCLinuxOS.Shortcut ini untuk memudahkan login ke XP. Jadi tidak perluuntuk mengetik perintah panjang seperti diatas setiap kali akan login.Shortcut ini mempunyai icon tampak seperti pada gambar di bawah.
Cara install shortcut:- Login sebagai root- Copykan file menuxp.tar.gz ke /root- Buka terminal: Start - System Tools - Terminal- Ketik:tar -zxvf menuxp.tar.gzcd menuxpchmod a+x install./install- Setelah proses install selesai, isikan data IP komputer XP, username/passwordyang telah dicreate di XP pada file /usr/bin/windoz dengan mengetik:pico -w /usr/bin/windozuntuk menyimpan file tekan CTRL-X lalu jawab Y lalu ENTER.
Membuat PCLinuxOS Otomatis Login pada windows XPSelain dengan shortcut, anda juga dapat membuat komputer PCLinuxOS secara otomatis login ke komputer windows XP dengan cara:- Pada komputer Pinux, klik Menu - Preferences - More Preferences – Sessions- Klik tab ‘Startup Programs‘- Klik tombol ‘add button’. Ketik perintah, contoh:rdesktop -f -a 16 -u user01 -p pass01 192.168.0.3 &- OK - Close.
Jangan lupa untuk melakukan penguncian ulang dengan perintah pinuxuserlock jika konfigurasi user yg anda modifikasi tersebut sebelum dalam keadaan terkunci (locked) sehingga seting ini akan tersimpan secara permanen oleh Pinux.Berikut ini tampilan PClinuxOS kami, yg telah ditambahkan icon untuk login ke XP pro secara cepat:Ok gue kira cukup sekian tutorial semoga dpt di pahamisalam PCLinuxOssalam bebek bebek bebek
uxc.wilis

Tidak ada komentar: